BULAN IMUNISASI ANAK NASIONAL (BIAN)

Administrator 04 Agustus 2022 18:30:14 WIB

Pada bulan Mei 2022 kemarin, Kemenkes RI telah meluncurkan program BIAN.

Apa itu BIAN ?

BIAN adalah singkatan dari Bulan Imunisasi Anak Nasional yakni kegiatan pemberian imunisasi tambahan Campak-Rubela dan pemberian imunisasi pada anak yang belum mendapatkan imunisasi lengkap.

Program ini direncanakan untuk mengejar cakupan imunisasi rutin yang menurun signifikan akibat pandemi COVID-19. BIAN adalah pemberian imunisasi tambahan Campak-Rubela serta melengkapi dosis Imunisasi Polio dan DPT-HB-Hib yang terlewat. Program ini diwujudkan sebagai upaya menutup kesenjangan imunitas anak dengan melakukan hamonisasi kegiatan imunisasi tambahan (campak-rubela) dan imunisasi kejar (OPV, IPV, dan DPT-HB-Hib). Dikutip dari Instagram @kemenkes_ri

Apa manfaaat BIAN ?

Manfaat BIAN dapat mencegah kesakitan dan kecacatan akibat campak, rubela, polio, difteri, pertusis, hepatitis B, radang paru, radang selaput otak.

Program Imunisasi Anak Nasional ini terbagi menjadi dua tahap, yakni:

  1. Tahap Pertama Imunisasi Anak Nasional Tahap Pertama diselenggarakan pada bulan Mei 2022. Adapun wilayah pelaksanaannya adalah di Pulau Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Nusa Tenggara, Maluku, dan Papua. 2. Tahap Kedua Imunisasi Anak Nasional Tahap Kedua dilaksanakan pada bulan Agustus 2022. Wilayah sasaran dari program imunisasi tahap kedua ini adalah Pulau Jawa dan Provinsi Bali.
  2. Tahap Kedua Imunisasi Anak Nasional Tahap Kedua dilaksanakan pada bulan Agustus 2022. Wilayah sasaran dari program imunisasi tahap kedua ini adalah Pulau Jawa dan Provinsi Bali.

Pelaksanaan Bulan Imunisasi Anak Nasional di Desa Sukorame sendiri telah berjalan dengan pelaksana dari PUSKESMAS Karanganyar dibantu Ibu kader balita.

 

Komentar atas BULAN IMUNISASI ANAK NASIONAL (BIAN)

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Lokasi SUKORAME

tampilkan dalam peta lebih besar